IndustriTokoh

Dari Cangkir Sablon Hingga Souvenir Milik Pak Nono

Dari Cangkir Sablon Hingga Souvenir Milik Pak Nono

News, keldinoyo.malangkota.go.id – Kampung Wisata Keramik Dinoyo lebih kaya akan cerita dari yang mungkin bisa kita bayangkan sebagai sebuah kampung dengan produksi keramik home industry.

Bayangkan saja omset dari kampung keramik ini rata–rata sekitar Rp 180 juta setiap bulannnya.

Baca juga: Informasi Layanan Publik Kelurahan Dinoyo Malang

Untuk harganya sendiri kerajinan keramik ini dibandrol mulai dari harga Rp 10 ribu hingga jutaan tergantung ukuran dan motif yang terdapat dari kerajinan keramik tersebut.

Sementara itu, setiap bulannya para pengrajin disini mampu memproduksi hingga 2000 biji kerajinan keramik dengan model dan motif yang berbeda. Namun, para wisatawan yang datang kebanyakan membawa pulang kerajinan keramik berupa souvenir yang mudah dibawa dan berukuran tidak terlalu besar.

Menyadari peluang tersebut, tidak sedikit pengusaha yang tidak hanya memproduksi keramik tetapi juga menyediakan souvenir untuk pernikahan, wisuda hingga acara besar lainnya.

Hal tersebut juga dialami oleh Nono (44), salah satu pengrajin souvenir yang juga menjual berbagai macam keramik yang diambil dari pabrik yang ada diluar kota.

Baca juga: Berhenti Produksi Keramik 5 Tahun Lalu, Nurul Buka Kerja Sama

Usahanya terdapat di salah satu toko yang tidak hanya sepanjang Jl. Haryono, Kec. Lowokwaru.

Souvenir yang dibuatnya bisa mencapai 100 buah per minggu.

Pesanan yang didapatnya selalu dikirim ke luar kota, seperti Probolonggi, Banyuwangi, dan lain-lain. Usaha ini dirintisnya bersama istri yang terlihat sedang membuat bungkusan souvenir bersama Nono.

Adapun kisaran harga souvenir/keramik tersebut mulai dari harga Rp. 3.000,- hingga ratusan ribu tergantung ukuran dan jenisnya.

Baca juga: Mengenal Suhari, Pekerja Keramik Bersama Istri dan Anak

“Souvenir kalau dipesan dalam jumlah banyak biasanya lebih murah. Sementara keramiknya diambil langsung dari pabrik yang ada di luar kota, untuk harganya mulai dari dari harga Rp. 3.000,- hingga Rp. 10.000,-.” ujarnya ketika ditemui pada Senin, (03/02).

Nono juga menambahkan ada keramik sejenis cangkir yang bisa disablon (ditulis nama dll). Cangkir yang ingin di sablon harganya mulai Rp.15.000/ 1 buahnya.

“Untuk hargacangkir yang ingin disablon bermacam-macam tergantung jenis dan ukurannya, tetapi jika eceran satunya sekitar Rp. 25.000 jika 100 buah cangkir yang ingin di sablon maka harganya Rp.15.000 sampai Rp.30.000/ 1 buahnya”, tutup Nono.

*Pewarta: Anita

Publisher: Tini Pasrin

About author

Articles

Kelurahan Dinoyo berada di JL MT Haryono XIII/ 413

1 Comment

Comments are closed.