KebudayaanNews

Siswa SDN Bandung Rejosari II Adakan Outing Class di Kampung Keramik Dinoyo

Siswa SDN Bandung Rejosari II Adakan Outing Class di Kampung Keramik Dinoyo

Malang, keldinoyo- Kelurahan Dinoyo Malang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melihat produksi keramik secara langsung pada senin, (10/2).

Kampung Wisata Keramik yang berada di kelurahan dinoyo memberikan ruang untuk siswa yang ingin belajar sekaligus melihat produk hasil kearifan lokal kampung keramik.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kampung keramik selalu menerima tamu dari sekolah dalam maupun luar negeri.

Kegiatan pada hari senin tersebut diikuti oleh 64 siswa kelas 4 SDN Bandung Rejosari Kota Malang.

Mereka diberi materi tentang bahan baku pembuatan keramik dan diberi kesempatan wewarnai keramik sesuai selera masing-masing.

Baca juga: PKL Mahasiswa Meringankan Pekerjaan Di Kelurahan Dinoyo

Koordinator pariwisata, Samsul berkata,
“Sebenarnya kegiatan seperti ini merupakan tujuan kami dari produksi keramik yang kemudian menghasilkan produk dan menjualnya hingga mendapatkan sumber ekonomi.

Namun pada kesempatan ini saya sendiri mendapatkan ruang tanggung jawab khususnya anak-anak sekolah yang mau belajar mengenai keramik ini. Sehingga kampung wisata keramik bisa dijadikan kampung yang ramah akan edukasi,” ungkapnya.

Baca juga: Kelurahan Dinoyo Gelar Sosialisasi Bagi Penjaga Tempat Ibadah dan Penjaga Makam

Sementara pihak sekolah menjelaskan bahwa  kegiatan outingclass tersebut merupakan acara rutinan setiap tahun yang disesuaikan dengan tema kurikulumnya.

Pada tahun 2020 tema yang diangkat adalah “Indahnya Keragaman Di Negeriku”. Sehingga kegiatan tersebut dilakukan di Kampung Wisata Keramik Dinoyo yang memberi nuansa keragaman sekaligus menunjukkan kekayaan negeri Indonesia.

Baca juga:Dari Cangkir Sablon Hingga Souvenir Milik Pak Nono

Hermin Suswati salah satu guru SDN Bandung Rejosari II menjelaskan bahwa sebagai generasi penerus bangsa, siswa SDN Bandung perlu diperkenalkan dengan kekayaan yang dimiliki Indonesia.

Kampung Wisata Keramik menjadi salah satu tempat belajar yang mengedukasi dan mampu menumbuhkan kecintaan terhadap produk lokal.

“Acara ini untuk memberikan pengalaman sekaligus memberitahukan kepada anak-anak bahwa di daerah kita sendiri memiliki potensi masing-masing.

Baca juga: Informasi Layanan Publik Kelurahan Dinoyo Malang

Contohnya di kampung keramik dinoyo. Harapan saya semoga keramik disini semakin dikenal oleh orang luar dan untuk siswanya nanti semoga di kemudian hari bisa meneruskan usaha ini dan membuka lowongan pekerjaan,” pungkasnya.