InformasiNews

Kelurahan Dinoyo Adakan Pelantikan Pengurus Kampung KB dan Sosialisasi Sensus Penduduk

KelDinoyo Adakan Pelantikan Pengurus Kampung KB dan sosialisasi Sensus penduduk

Malang – Kampung Keluarga Bencana (KB) mengadakan kegiatan dengan dua agenda besar di lantai 2 kantor Kelurahan Dinoyo Malang pada Sabtu, (15/20).

Agenda pertama adalah pelantikan pengurus Kampung KB ke-2 yang dikukuhkan oleh kepala Kelurahan Dinoyo Malang, Dwi Purnomo.

Baca juga: Kepala Lurah Dinoyo Gelar Rapat Evaluasi Bersama Ibu PKK

Momentum berharga tersebut juga dihadiri oleh ketua kampung KB, Wilianto yang memulai kepengurusan ketua baru sejak 1 November tiga tahun lalu.

Kampung KB selain mencanangkan program 2 anak cukup telah bergeser menjadi banyak program positif baru lainnya. Program tersebut dikenal dengan Tribina; bina lansia, bina balita dan bina remaja.

Hal ini diakui oleh ketua kampung KB, Wilianto.

“Tribina berguna untuk pemberdayaan masyarakat. Terlebih pada bina remaja agar terhindar dari narkotika. Sementara untuk lansia bagaimana meskipun sudah tua tetapi tetap bugar. Tidak kalah penting untuk balita bagaimana agar asupan gizinya terjamin,” jelasnya.

Baca juga: Data Diri Staf Kelurahan Dinoyo Malang

Untuk menyukseskan Tribina, Wilianto mengaku butuh kerjasama dengan banyak instansi terkait.

“Kami sangat membutuhkan kerjasama dengan instansi atau dinas-dinas lain terutama yang ada di kelurahan Dinoyo ini. Seperti LPMK dan PKM dimana nanti anggarannya diarahkan untuk pembangunan,” ungkap Wilianto.

Wilianto berharap sinergi untuk mengetahui jumlah data keluarga bawah, menengah dan atas bisa dibantu oleh DISPENDUK agar mereka mampu memetakan warganya dengan baik.

Kegiatan berlanjut dengan sosialisasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diwakili oleh Sudarmanto sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Fokus diskusi tersebut mengarah kepada pentingnya dokumen kependudukan dalam kehidupan bernegara.

Baca juga: Siswa SDN Bandung Rejosari II Adakan Outing Class di Kampung Keramik Dinoyo

Hal itu diakui oleh narasumber, bahwa kepemilikan identitas seperti KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga telah menjadi kebutuhan primer saat ini.

“Tanpa identitas orang tidak akan menjadi siapa-siapa. Jika tidak ada dokumen maka juga akan mempersulit pelayanan publik. Sehingga peran serta pengurus dan kesadaran masyarakat sendiri dalam mengikuti sosialisasi atau pengarahan sangat dibutuhkan. Melengkapi dokumen bukan hanya sekedar kewajiban, tetapi turut membantu kita juga,” ungkapnya.

Baca juga: Kelurahan Dinoyo Gelar Sosialisasi Bagi Penjaga Tempat Ibadah dan Penjaga Makam

Acara yang dipandu Hery sutanto tersebut kemudian membuka sesi tanya jawab yang memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mempertanyakan kebingungan yang mereka hadapi.

Kunjungi website Kelurahan Dinoyo Malang di http://Keldinoyo.malangkota.go.id, Fanpage FB:https://www.facebook.com/kampungwisatakeramikdinoyo/, Facebook: https://www.facebook.com/kelurahandinoyo.malang untuk informasi lebih banyak dan lengkap